IDENTITAS

Rabu, 27 Maret 2013

PROPOSAL

-->
JUDUL  "ANALISIS SOAL UJIAN TRY OUT BAHASA INDONESIA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PEKANBARU"
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang dan Masalah
1.1.1        Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat berperan aktif dan berpikir pisitif dalam kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang. Indonesia terdapat dua jalur pendidikan yaitu  pendidikan jalur sekolah yang diselenggarakan di sekolah melalui kegiatan belajar mengajar yang bersifat formal, dan jalur pendidikan luar sekolah diselenggarakan luar sekolah yang kegiatan belajarnya tidak berkesinambungan dan sifatnya non formal. Pada saat ini bangsa Indonesia dalam masalah pendidikan yang masih rendah dibandingkan dengan bangsa lain. Salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan melalui belajar yang efektif dan efesien untuk tercapainya tujuan yang diharapkan. Tujuan pendidikan harus mengarah pada tiga ranah pendidikan yaitu ranah kognitif (pengetahuan), ranah efektif (sikap), ranah psikomotor (keterampilan).
Hasan (1988 : 13) mengatakan “Evaluasi adalah suatu proses pemberian pertimbangan mengenai nilai dan arti dari sesuatu yang dipertimbangkan”. Evaluasi atau penilaian sebagai alat yang digunakan untuk mengukur sejauhmana tingkat kemampuan siswa atau peserta didik dalam sebuah materi yang diajarkan sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Evaluasi tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar karena evaluasi merupakan tujuan akhir dari pendidikan. Sudijono dalam Karmanah (2008 : 1) mengatakan “Evaluasi adalah proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan”. Seiring itu Arikunto (2009 : 25) mengatakan “Evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauhmana tujuan yang sudah dicapai”. Selain mengacu pada tujuan, evaluasi juga dilakukan oleh guru dengan menitikberatkan pada keterampilan. Sedangkan menurut Hakim (2011 :3) “Evaluasi merupakan penilaian keseluruhan program pendidikan termasuk perencanaan suatu program substansi pendidikan, kurikulum dan penilaian serta pelaksanaannya, pengadaan dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan (manajemen) pendidikan, dan informasi pendidkan secara keseluruhan”. Menurut Fathurrohman & Sutikno (2007 : 75) mengatakan “Evaluasi kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan membandingkan hasilnya dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan”.
Bloomfield (2007 : 104) “Dalam evaluasi ada lima faktor yang perlu diperhatikan : (1) evaluasi berkaitan dengan kegiatan memberi nilai, (2) pemberian nilai adakalanya digunakanuntuk kepentingan sumatif, (3) nilai yang diberikan mengacu kepada suatu patokan tertentu, (4) pemberian nilai didasarkan atas data atau informasi yang dikumpulkan dengan teknik tententu, (5) hasilnya secara komprehensif dan tepat yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya”.
Dengan penjelasan dari beberapa para ahli tersebut, maka evaluasi adalah alat untuk mengukur baik kognitif, efektif, psikomotor tingkat kemampuan siswa dalam menerima sebuah pelajaran untuk tercapainya tujuan. Untuk tercapainya proses belajar yang berkesinambungan diperlukan hasil dari pengajaran yang telah dilakukan berdasarkan pada tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal. Arikunto (2009 : 3) “Penilaian adalah suatu kegiatan untuk mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran yang baik buruk”. Tujuan penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar