Keterampilan bertanya
Tujuan keterampilan bertanya antara lain:
1.
Untuk
meningkatkan minat belajar
2.
Untuk mengukur
kemampuan siswa
3.
Untuk memotivasi
siswa
4.
Untuk
memfokuskan pada materi yang akan kita ajarkan
Jenis-jenis kalimat pertanyaan
1.
Menurut
maksudnya antara lain:
1.
Pertanyaan
permintaan adalah pertanyaan yang diajukan oleh guru untuk siswa.
2.
Pertanyaan
retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban.
3.
Pertanyaan yang
merahkan atau menuntun adalah pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa untuk
memperoleh jawaban yang lebih tepat.
4.
Pertanyaan
menggali adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang lebih konkrit.
2.
Pertanyaan
menurut taksonomi Bloomfied. Terdapat tingkatan pertanyaan antara lain:
1.
Pengetahuan
2.
Pemahaman
3.
Aplikasi.
4.
Analisis
5.
Sintesis
6.
Evaluasi
Menurut luas sempitnya pertanyaan
Pertanyaan luas adalah pertanyaan yang menuntut
siswa untuk menjawab secara kompleks.
Sedangkan pertanyaan sempit adalah pertanyaan yang
menuntut siswa hanya menjawab sekedarnya saja. Hal-hal yang harus dihindari
dalam bertanya terdiri dari:
1.
Jangan suka
mengulangi pertanyaan sendiri:
2.
Mengulangi
jawaban siswa:
3.
Jangan suka
menjawab pertanyaan sendiri:
4.
Memancing
jawaban yang serentak:
5.
Memberikan
pertanyaan yang ganda:
6.
Menunjukkan
langsung siswa yang akan dijawab.
Teknik-teknik pertanyaan
a.
Memberikan
acuan:
b.
Mengajukan
pertanyaan singkat dan jelas:
c.
Pemusatan:
d.
Pemindahan
giliran:
e.
Waktu selang
(jedah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar