IDENTITAS

Senin, 25 Maret 2013

MIKROTICING


Keterampilan bertanya
Tujuan keterampilan bertanya antara lain:
1.      Untuk meningkatkan minat belajar
2.      Untuk mengukur kemampuan siswa
3.      Untuk memotivasi siswa
4.      Untuk memfokuskan pada materi yang akan kita ajarkan
Jenis-jenis kalimat pertanyaan
1.      Menurut maksudnya antara lain:
1.      Pertanyaan permintaan adalah pertanyaan yang diajukan oleh guru untuk siswa.
2.      Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban.
3.      Pertanyaan yang merahkan atau menuntun adalah pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa untuk memperoleh jawaban yang lebih tepat.
4.      Pertanyaan menggali adalah pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang lebih konkrit.
2.      Pertanyaan menurut taksonomi Bloomfied. Terdapat tingkatan pertanyaan antara lain:
1.      Pengetahuan
2.      Pemahaman
3.      Aplikasi.
4.      Analisis
5.      Sintesis
6.      Evaluasi
Menurut luas sempitnya pertanyaan
Pertanyaan luas adalah pertanyaan yang menuntut siswa untuk menjawab secara kompleks.
Sedangkan pertanyaan sempit adalah pertanyaan yang menuntut siswa hanya menjawab sekedarnya saja. Hal-hal yang harus dihindari dalam bertanya terdiri dari:
1.      Jangan suka mengulangi pertanyaan sendiri:
2.      Mengulangi jawaban siswa:
3.      Jangan suka menjawab pertanyaan sendiri:
4.      Memancing jawaban yang serentak:
5.      Memberikan pertanyaan yang ganda:
6.      Menunjukkan langsung siswa yang akan dijawab.
Teknik-teknik pertanyaan
a.       Memberikan acuan:
b.      Mengajukan pertanyaan singkat dan jelas:
c.       Pemusatan:
d.      Pemindahan giliran:
e.       Waktu selang (jedah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar