JUDUL "ANALISIS SOAL UJIAN TRY OUT BAHASA INDONESIA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 04 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PEKANBARU"
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang dan Masalah
1.1.1
Latar Belakang
Pendidikan
adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat berperan aktif
dan berpikir pisitif dalam kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.
Indonesia terdapat dua jalur pendidikan yaitu pendidikan jalur sekolah yang diselenggarakan
di sekolah melalui kegiatan belajar mengajar yang bersifat formal, dan jalur
pendidikan luar sekolah diselenggarakan luar sekolah yang kegiatan belajarnya
tidak berkesinambungan dan sifatnya non formal. Pada saat ini bangsa Indonesia
dalam masalah pendidikan yang masih rendah dibandingkan dengan bangsa lain.
Salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan melalui belajar yang efektif dan
efesien untuk tercapainya tujuan yang diharapkan. Tujuan pendidikan harus
mengarah pada tiga ranah pendidikan yaitu ranah kognitif (pengetahuan), ranah
efektif (sikap), ranah psikomotor (keterampilan).
Hasan
(1988 : 13) mengatakan “Evaluasi adalah suatu proses pemberian pertimbangan
mengenai nilai dan arti dari sesuatu yang dipertimbangkan”. Evaluasi atau
penilaian sebagai alat yang digunakan untuk mengukur sejauhmana tingkat
kemampuan siswa atau peserta didik dalam sebuah materi yang diajarkan sehingga
tercapai tujuan yang diharapkan. Evaluasi tidak dapat dipisahkan dari proses
belajar mengajar karena evaluasi merupakan tujuan akhir dari pendidikan.
Sudijono dalam Karmanah (2008 : 1) mengatakan “Evaluasi adalah proses atau
kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dengan tujuan yang
telah ditentukan”. Seiring itu Arikunto (2009 : 25) mengatakan “Evaluasi adalah
kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauhmana tujuan yang sudah dicapai”.
Selain mengacu pada tujuan, evaluasi juga dilakukan oleh guru dengan
menitikberatkan pada keterampilan. Sedangkan menurut Hakim (2011 :3) “Evaluasi merupakan
penilaian keseluruhan program pendidikan termasuk perencanaan suatu program
substansi pendidikan, kurikulum dan penilaian serta pelaksanaannya, pengadaan
dan peningkatan kemampuan guru, pengelolaan (manajemen) pendidikan, dan
informasi pendidkan secara keseluruhan”. Menurut Fathurrohman & Sutikno
(2007 : 75) mengatakan “Evaluasi kegiatan yang terencana untuk mengetahui
keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan membandingkan hasilnya
dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan”.
Bloomfield
(2007 : 104) “Dalam evaluasi ada lima faktor yang perlu diperhatikan : (1)
evaluasi berkaitan dengan kegiatan memberi nilai, (2) pemberian nilai
adakalanya digunakanuntuk kepentingan sumatif, (3) nilai yang diberikan mengacu
kepada suatu patokan tertentu, (4) pemberian nilai didasarkan atas data atau
informasi yang dikumpulkan dengan teknik tententu, (5) hasilnya secara
komprehensif dan tepat yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya”.
Dengan penjelasan dari
beberapa para ahli tersebut, maka evaluasi adalah alat untuk mengukur baik
kognitif, efektif, psikomotor tingkat kemampuan siswa dalam menerima sebuah
pelajaran untuk tercapainya tujuan. Untuk tercapainya proses belajar yang
berkesinambungan diperlukan hasil dari pengajaran yang telah dilakukan
berdasarkan pada tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal. Arikunto (2009 :
3) “Penilaian adalah suatu kegiatan untuk mengambil suatu keputusan terhadap
sesuatu dengan ukuran yang baik buruk”. Tujuan penilaian